fbpx

Cegah Erosi dan Banjir, PD KAMMI OGAN Distribusikan 20.000 Batang Bibit Pohon ke Empat Lawang

Cegah Erosi dan Banjir, PD KAMMI OGAN Distribusikan 20.000 Batang Bibit Pohon ke Empat Lawang

Indralaya – KAMMI Daerah Ogan berencana mengoptimalkan penghijauan di Kawasan Kec. Pesemah Air Keruh, Kab. Empat Lawang. Hal ini dilakukan untuk mencegah Kembali terjadinya Banjir Bandang dan Erosi di Kec. Pesemah Air Keruh (Paiker), Kab. Empat Lawang.
Berangkat dari permasalahan tersebut KAMMI Daerah ogan berkoordinasi dengan BPTH (Balai Perbenihan Tanaman Hutan) Sumatera Selatan untuk melakukan pengajuan bibit pohon. Melalui pengajuan bibit tersebut BPTH menyetujui dan memberikan bantuan bibit pohon sebanyak 20.000. Bibit pohon tersebut terdiri atas 5 jenis tanaman yaitu Petai, Pinang, Durian, Bambang dan Sirsak.
Puluhan Ribu bibit tersebut didistribusikan dan bekerjasama dengan 2 kelompok tani, kelompk tani pertama yaitu Keltan Tani Jaya di Desa Keban Jati, Kec. Paiker, Kab. Empat Lawang dengam jumlah rincian bibit meliputi : Petai 2.000 batang, Pinang 500 batang, Durian 4.500 batang, Bambang 2.000 batang dan Sirsak 1.000 batang. Dan Kelompok tani kedua yaitu Keltan Pulau Mandiri (Desa Bandar Agung, Kec. Paiker, Kab. Empat Lawang dengan jumlah rincian bibit meliputi : Petai 4.000 batang, Pinang 500 batang, Durian 2.500 batang, Bambang 2.000 batang, dan Sirsat 1.000 batang.
Ketua Umum KAMMI Daerah Ogan mengatakan pendistribusian telah dilakukan pada selasa (1 Sept 2020) dan penanaman akan dilaksanakan pada kamis (3 Sept 2020).
“Pendistribusian bibit batang pohon telah dilakukan tadi siang (Selasa, 1/9/20), diangkut menggunakan truk, dan bibit diambil dari desa Sukomoro, Kab. Banyusasin. InsyaAllah penanaman akan dilasanakan pada Kamis (3/9/20) Bersama warga dan kelompok tani” Ujar Ketua Umum Daerah Ogan, Selasa (1/9/20)
Sekretaris Bidang 2 PD KAMMI Ogan juga menambahkan pernyataan bahwa penghijauan yang dilakukan ini merupakan salah satu wujud keseriusan dari KAMMI Daerah Ogan untuk terlibat langsung dalam menuntaskan problematika di Masyarakat. Semoga Gerakan ini dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat dan berkelanjutan sehingga dapat menginspirasi bagi Gerakan-gerakan lain untuk semakin nyata memberikan kontribusi pada rakyat.

(Mdy)

Leave a Reply

Close Menu