fbpx

REFRESH INDONESIA

REFRESH INDONESIA

Oleh : Bayu Anggara
Ketua PP KAMMI

Mahakarya peradaban lahir dari sekumpulan bangsa-bangsa yang kemudian diberi nama Indonesia. Pun halnya dengan kesamaan cita-cita demi masa depan. Kesadaran ini muncul dengan kejujuran, bahwa bergandengan tangan ialah solusi. Azzam yang kuat akan kedaulatan tanpa ancaman dari bangsa lain, membuat lahirnya jiwa perjuangan kolektif sebagai bentuk patriotik yang gagah berani.

Dengan dianugerahi sumber daya alam yang kaya raya dan keragaman budaya, negeri ini indah terbentang di garis khatulistiwa. Negeri yang terhampar di antara gugusan pulau-pulau, tanah yang subur melahirkan ekosistem yang indah, sekaligus pijakan untuk mandiri sebagai bangsa dan negara.

Tujuh puluh empat tahun lamanya sang saka merah putih berkibar, sebagai simbol negara yang merdeka dari seluruh bentuk penjajahan. Ia berdiri tegak, berdaulat sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mimpi para pendiri bangsa masih tertanggal jauh dari harapan. Api semangat para leluhur itu menyulut jiwa generasi muda. Hingga mereka bergerak sebagai katalisator tanpa pamrih dengan penuh hasrat nilai Pancasila. Waktu terus berjalan, semakin terasa bangsa ini keluar dari khitah para pendiri bangsa. Perbedaan seringkali dijadikan tameng yang menghambat segala asa.

Sebagai generasi muda sejatinya tidak boleh kehilangan keyakinan dan harapan. Iktikad perjuangan merawat Indonesia adalah kemuliaan yang merujuk pada kebesaran bangsa Indonesia; disegani di seluruh penjuru bumi. Ini adalah seruan narasi perjuangan untuk kembali ke jalan sadik dan shahih.

Segala bentuk polemik politik dan bencana alam yang telah dilalui beberapa tahun terakhir, membentuk kedewasaan bangsa ini dalam menyikapi masalah yang akan datang. Dari segala kekalutan, kekeruhan, kesimpangsiuran, kompleksitas, anarki, kegaduhan, kegemparan, kemelut, keonaran, kerecokan, keributan, kericuhan, kerusuhan, pergolakan, dan prahara bangsa, adalah sejarah yang mematangkan kita sebagai bangsa semakin dekat dalam menggapai cita-cita. Usai berkontemplasi, Indonesia hari-hari ini harus lahir kembali dengan ide-ide segar yang mengantarkan bangsa ini ke tanah harapan/ terjanjikan yang kita citakan.

Catatan penting narasi Refresh Indonesia ini mengajak kembali menyegarkan pikiran tentang membangun Indonesia.
“Mari me-refresh Indonesia”.

FALSAFAH
Pancasila adalah nafas peradaban bangsa Indonesia. Ia yang menjadi konsep bernegara dan juga landasan dari setiap pikiran. Pancasila pula yang menjadi rantai penyambung keberagaman bangsa Indonesia. Pun juga sebagai pedoman yang menuntun kepada masa depan yang dicita-citakan. Oleh karena itu, Pancasila harus menjadi semangat dan keyakinan. Semangat untuk terus merawat bangsa Indonesia agar terus kokoh dan keyakinan tentang masa depan bahwa bangsa ini menjadi bangsa besar yang disegani penjuru bumi. Mungkin saja ada perbedaan dari setiap eksekusi pikiran-pikiran, selama semangat dan keyakinannya sama, maka perselisihan yang muncul menjadi produktif.

FAMILI
Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia adalah karunia Tuhan yang Maha Kuasa. Jalan takdir yang merujuk kita bahwa kolektifitas adalah kekuatan yang mengantarkan pada tujuan yang sama. Bukti nyata dari kekuatan itu melahirkan sebuah negara dari kumpulan bangsa-bangsa; Indonesia. Naluri keberagaman ialah perasaan saling bekerjasama dan saling melengkapi seperti layaknya keluarga. Tidak ada sedikitpun ruang bagi perselisihan di dalam rumah keluarga besar bangsa Indonesia. Sedalam apapun jurang perbedaan latar belakang kita, yakinlah kita mempunyai samudera persamaan. Keberagmanlah yang menjadikan kita keluarga dan dari kekeluargaan melahirkan energi kekuatan.

FIGUR
Tantangan kaum muda hari ini melahirkan juru bicara yang hadir di tengah masyarakat tentang nilai dan cita-cita pendahulu. Kaum muda yang berani mengambil peran menjadi perekat komponen bangsa. Mereka hadir dalam panggung perdebatan dan menjadi juru debat ulung agar pertarungan gagasan menjadi sajian hari-hari. Mereka juga mengisi kekosongan narasi untuk melawan propaganda yang kontra-produktif. Bonus angkatan muda menjadi peluang strategis untuk mewujudkannya. Generasi baru yang akan meneruskan estafet kepemimpinan.

FORUM EPISTEMIK
Tantangan bagi kaum muda selanjutnya ialah menjadi kreator dan inovator. Masyarakat menunggu jutaan kreasi dan inovasi yang lahir dari forum-forum epistemik kaum muda. Ribuan kampus yang menghimpun angkatan muda potensial harus menjadi motor penggerak dari forum epistemik ini. Menarik forum ini keluar kampus dan menjadikannya menjamur di tiap sudut-sudut kota hingga ke pelosok. Dengan begitu kaum muda akan bersentuhan langsung dengan masyarakat dan selayaknya menjadi problem solver bagi masyarakat sekitarnya.

FINANSIAL
Kondisi ekonomi global yang tidak stabil, perang dagang dua gajah (Cina vs AS) berdampak pada resesi negara-negara tanpa terkecuali Indonesia sebagai mitra dagang kedua negara tersebut. Akhirnya UMKM yang akan pasang badan menopang ekonomi nasional. Sebagai representasi ekonomi kerakyatan sejatinya sektor ini yang harus menjadi prioritas untuk didorong. Hal itu untuk membangun sinergisitas antara rakyat, kaum muda, dan negara.
Rakyat sebagai penggerak ekonomi, kaum muda sebagai innovator, dan negara sebagai penjamin. Sinergi ini harus menjadi tema besar beberapa waktu ke depan. Kerjasama epik ini niscaya mampu menjadi kekuatan untuk mencipta bangunan kemandirian ekonomi bangsa. Sehingga cita-cita kesejahteraan bukan lagi menjadi sesuatu yang utopis, melainkan terasa semakin dekat.

Pada akhirnya tanggung jawab merawat dan membawa Indonesia menjadi negara besar semakin realistis. Refresh Indonesia ini mengajak kembali menyegarkan alam pikiran kita dengan menjadikan Pancasila sebagai semangat dan keyakinan. Keberagaman menjadikan kita keluarga besar bangsa Indonesia. Kelompok muda tampil menjadi juru bicara perekat komponen bangsa. Forum epistemik menjadi ruang kreasi dan inovasi. Kerjasama antara rakyat, kaum muda, dan negara mampu membuat kita semakin dekat dengan cita-cita bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Close Menu