fbpx

Melanjutkan Spirit KAMMI

Melanjutkan Spirit KAMMI

Oleh: Susanto Triyogo

Sejak berdiri tahun 1998 hingga saat ini Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) sudah berusia 21 tahun. Umur 21 tahun bukan lagi umur anak-anak atau remaja, tetapi sudah dewasa. Di tahun ini KAMMI sudah memasuki generasi kedua, dimana kader-kader KAMMI tahun 1998 sudah banyak yang memiliki anak usia kuliah dan mungkin juga bergabung masuk ke dalam KAMMI.

Dengan segala masalah dan dinamikanya, KAMMI sampai saat ini masih bertahan dan dapat eksis dalam lingkup gerakan mahasiswa. Tetapi, eksisnya KAMMI saat ini harus juga dibaca secara mendalam. Apakah KAMMI benar-benar menjadi organisasi yang tumbuh atau justru menjadi organisasi yang hanya terlihat tumbuh dan rusak dari dalam. Ini haruslah menjadi bahan diskusi bagi setiap kader KAMMI yang menginginkan bendera KAMMI terus berkibar.

Bagi saya pribadi, yang sampai saat ini masih aktif di KAMMI, KAMMI dapat terus eksis apabila memiliki SPIRIT. SPIRIT itu saya jabarkan menjadi beberapa poin.

Pertama, Spirit Sustainable

Sangat penting bagi KAMMI dalam membangun keberlanjutan perjuangannya. Di umur 21 tahun KAMMI, bukanlah umur yang pendek bagi sebuah perjuangan. Berbicara tentang keberlanjutan adalah bicara tentang konsistensi, daya tahan, dan kesiapan menghadapi berbagai perubahan. Suatu proses yang berkesinambungan ini adalah suatu proses yang bukan insidental atau kebetulan, melainkan benar-benar direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara terus menerus.

Hemat saya, 2 tahun kedepan keberlanjutan gerakan KAMMI harus mempunyai ukuran yang jelas. Hal ini saya jabarkan dalam 7 program :

1. Memperkuat basis nilai gerakan KAMMI
2. Tatakelola organisasi yang modern dan maju
3. Menjadi rumah besar kepemimpinan pemuda Indonesia
4. Menjadi generasi emas Indonesia yang berkontribusi pada kerja-kerja kejayaan menuju 100 tahun kemerdekaan Indonesia
5. Gerakan Pelopor Kebangsaan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan
6. Berkolaborasi dengan berbagai elemen bangsa dalam rangka berkontribusi pada menyelesaikan masalah bangsa
7. Menjadi icon gerakan pemuda Islam dunia

Kedua, sPirit Pioner

KAMMI dengan potensi keimanan, keislaman, intelektual dan kecendekiawanan harus membangun kepeloporan dalam merencanakan masa depan bangsa. Portofolio gerakan Jayakan Indonesia 2045 bukan menjadi sebuah gagasan kosong, tapi bagaimana dengan narasi tersebut menjadi spirit kolektif bagi kader KAMMI untuk bisa memposisikan gerakannya pada 5 pilar kontributor kejayaan, yaitu _public sector_, _private sector_, sektor ketiga, kampus dan media.

Ketiga, spIrit Idea

Kekuatan ide bagi sebuah gerakan menjadi penting karena sebuah ide bisa menggerakkan banyak orang untuk terlibat dalam pergerakan. Di zaman pergerakan, ide itulah yang jadi ruh utama untuk membuat orang mau melakukan protes, melawan dengan cara apa saja dan tak gentar walaupun dihukum. Ide itulah yang kini makin langka, terutama ide yang membuat orang mau bergerak bersama, berkorban bersama dan berbuat untuk tujuan yang sama.

Oleh karena itu KAMMI di 2 tahun kedepan harus memperkuat ide/narasinya agar semakin banyak orang yang tergerakkan dengan apa yang dilakukan oleh KAMMI.

Saya membayangkan bahwa 2 tahun kedepan, KAMMI dapat memperkuat ide untuk memobilisasi generasi muda untuk terlibat dalam agenda perubahan-perubahan dengan membuat 50 program contributor kejayaan di seluruh Indonesia.

Selain itu, sebagai bentuk KAMMI dalam menjalankan fungsi kontrol tehadap pemerintah, KAMMI harus membangun ide untuk menjaga Indonesia dalam cita-cita kemerdekaannya yaitu menjadi Negara yang melindungi setiap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamian abadi dan keadilan sosial.

Keempat, spiRit Responsible

KAMMI bukan hanya sebuah entitas politik tapi menjadi bagian dari entitas peradaban yang mempunyai tujuan untuk menjayakan Indonesia dengan membangun tiga hal, yaitu tanggungjawab dakwah untuk menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar , tanggung jawab kepada kesatuan Negara untuk menjaga Indonesia pada cita-cita kemerdekannya dan tanggungjawab keumatan yaitu KAMMI adalah bagian dari umat ini dan akan terus bersama dengan gerakan kebangkitan umat.

Kelima, spirIt Increase

Hemat saya spirit yang harus tetap ada di KAMMI adalah spirit Increase atau peningkatan. Spirit peningkatan KAMMI harus terwujud dalam bentuk ekspansi yang meluas, perbaikan internal khususnya pada tataran manajerial, diversifikasi atau keanekaragaman yang tidak fokus pada satu bidang dan terakhir pengembangan tekonologi.

Keenam, spiriT Transformasi

Transformasi itu sangat penting dalam sebuah gerakan. Transformasi gerakan adalah penyesesuaian dengan kondisi zaman saat ini. Mau tidak mau KAMMI, telah dipaksa untuk bertransformasi. Dari yang hanya menjadi organisasi mahasiswa, nyatanya saat ini KAMMI sudah pada tahap yang berbeda.

Saya membayangkan KAMMI dalam perjalanannya selalu bertransformasi. Pertama di awal-awal berdiri, KAMMI menjadi organisasi mahasiswa. Setelah itu kemudian KAMMI menjadi memantapkan diri sebagai organisasi kepemudaan (OKP). Selanjutnya dengan bertambahnya peran dan ruang lingkup KAMMI juga bisa dipandang sebagai NGO, hal ini terwujud dalam salah satu aksi kemanusiaannya melalui Rumah Kammi Peduli (RKP).

Selanjutnya, pada tahap yang akan datang saya melihat KAMMI bisa dipandang dan dibentuk sebagai sebuah inkubator gerakan. Inkubator gerakan ini adalah dimana posisi KAMMI sebagai tempat lahirnya ide-ide gerakan kreatif yang dapat menjawab berbagai problem di masyarakat. Gerakan ini berasal dari kader dan untuk masyarakat. Bentuk dari jawaban atas problem ini bisa dalam bentuk apa saja, baik itu dalam bentuk lembaga, bentuk bisnis, kelompok kepakaran dan lain-lain.

Oleh karena itu, peran KAMMI di masyarakat dan bangsa tidak hanya menjadi kepemimpinan oposisi tapi juga kepemimpinan pelopor dengan ciri khas naratif, kolaboratif dan situasional.

Leave a Reply

Close Menu