fbpx

PP KAMMI Lakukan Diskusi Online Dengan Jaringan KAMMI Luar Negeri

PP KAMMI Lakukan Diskusi Online Dengan Jaringan KAMMI Luar Negeri

JAKARTA (Kammi.id) – Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) baru-baru ini mengadakan Diskusi Online Global bersama KAMMI Rusia, Turki, Libya & Malaysia pada Sabtu25 April 2020 dengan mengangkat tema besar ‘’ArahKebijakan dan Strategi Pengembangan KAMMI LuarNegeri yang di inisiasi oleh Departemen PengembanganKAMMI Luar Negeri,”.

Acara yang berlangsung dengan menggunakan aplikasi zoom iniberlangsung dengan animo yang sangat tinggi serta penuhantusias oleh para narasumber dan audience.

Elevan Yusmanto selaku Ketua Umum PP-KAMMI dalamsambutannya mengatakan acara diskusi ini sebagai bentuk besardan mengembangnya organisasi kita. Bila kita menilik kilasbalik sejarah Kebangkitan Nasional itu awalnya berasal darikaum intelekttual terpelajar yang disekolahkan dan diberikanbeasiswa dari Belanda.

Ketum berharapapapun yang terjadisemua kader yang di luar negeri harus pulang ke Indonesia. Beberapa hal yang mengharuskan pulang ke Indonesia ialahKarena kaum terpelajar dengan interaksi banyak orang darilintas bangsa dan negara sudah pernah melihat peradaban negarayang lebih maju sehingga bisa memiliki perspektif yang banyakdalam memandang sebuah masalah dan banyak hal. Dan hal ituharus hadir karena saat ini sedang terjadi krisis kepemimpinan. Ditambah lagi lulusan luar negeri saat ini di Indonesia lebihdianggap disbanding lulusan dar Indonesia dan banyak para lulusan luar negeri itu bekerja di kampus-kampus swasta.

Rakhmat Abril Kholis selaku Ketua Bidang Hubungan LuarNegeri PP KAMMI menyampaikan, bahwa agenda inimerupakan bentuk konkrit pendampingan kepada BadanPerwakilan KAMMI di Luar Negeri serta pengejawantahan‘’Global Muslim Elite,”.

Hal inilah yang akan menjadi sebuahlandasan diluar negeri untuk bisa menyatukan ide-ide besarKAMMI baik di dalam maupun di luar negeri untuk membuatNarasi besar menuju terciptanya Global Muslim Elite,”bagaimanapun juga saat kondisi dunia saat ini Borderless,”tanpa sekat dan batas.

Virus korona saja bias mendunia apalagikita seharusnya jauh lebih bisa ber ekspansi seluas-luasnya keujuang-ujung dunia. Kami juga ingin memberikan support yang lebih riil dengan melakukan pendampingan khusus denganKAMMI di Luar Negeri. Menjadikan KAMMI Luar Negerisebagai Lokomotif dakwah

Afif Pratama Putra selaku Ketua DepartemenPengembangan KAMMI Luar Negeri sekaligus sebagaiModerator menyampaikan bahwa 5 Badan Perwakilan KAMMI di Luar Negeri saat ini agar bisa berkembang bahkan di PKN (Panduan Kerja Nasional) ditargetkan bertambah menjadi 10 Badan Perwakilan Luar Negeri di akhir kepengurusan.

Ketua KAMMI Rusia Akh Munadhil Abdul Muqsith yang saat ini sedang Melanjutkan Kuliah S3 dengan mengambiljurusan International Jurnalistik mengatakan sejauh ini Ketumdan Ketua Bidang ingin membuka seluas-luasnya jejaringekspansi internasional KAMMI Daerah di Luar Negeri. Kita bisa memberi motivasi-motivasi melibatkan mahasiswa danmulai terbiasa dengan pelatihan webinar digital sehingga hal itubisa mempercepat akselerasi kader-kader kammi untukberdiaspora, harapnya.

Sebagai salah satu StrategiPengembangan KAMMI di Luar Negeri yaitu dengan caraMemaksimalkan kader-kader untuk mendapat informasi danpeluang beasiswa ke Luar Negeri yang sangat banyak itu. Contohnya di Rusia tiap tahun beri beasiswa 161 orang untukS1, S2 dan S3. Menjadi muslim yang global pemikirannya. Belajar dari Negara maju yang kita sadur dan. Untuk rekrutmenbaru di Moskow Rusia agak susah karena disini mayoritas non muslim. Minat mahasiswa ke LN itu besar. KAMMI harusmengambil peran memasifkan info beasiswa ke Luar Negeri ituuntuk selling point.

Ketua KAMMI Turki menyampaikan strategi pengembanganKAMMI Luar Negeri dengan cara penguatan basis internal danbisa membangun relasi dan kerjasama menaikkan eksistensiKAMMI dengan memperkenalkan ke publik budaya Indonesia dan menggambarkan bagaimana KAMMI bekerja di Turki.

Hal terpenting ke depannya KAMMI harus memiliki Database Valid dan terupdated sehingga memudahkan dalam mengambilkebijakan dan memudahkan untuk mencapai target 10 BadanPerwakilan baru KAMMI di Luar Negeri diakhir kepengurusan. Potensi saat ini sudah ada di (Australia, Amerika) dan saat inimereka membutuhkan support dari KAMMI Pusat. Maksimalkan pula kuota beasiswa khusus dari Turki untukmahasiswa Indonesia

Ketua KAMMI Libya Alvan Satria Shidiq menyampaikannstrategi pengembangan KAMMI Luar Negeri bisa melaluikegiatan Seminar Forum tentang Beasiswa Luar Negeri

Ketua Bidang Internal KAMMI Malaysia menyampaikanstrateginya berupa modal nekat kuliah ke luar negeri di Malaysia tanpa beasiswa.

Fadly sebagai peserta dalam diskusi global ini menyampaikanagar kader-kader perwakilan KAMMI di Luar Negeri membuattulisan sederhana yang kemudian bisa dishare di kader-kader di Indonesia sehingga dari tulisan itu memiliki dampak yang besar.

Agenda ini merupakan agenda perdana DepartemenPengembangan KAMMI Luar Negeri PP KAMMI yang dilakukan serentak melibatkan diskusi perwakilan KAMMI di Luar Negeri.

Leave a Reply

Close Menu