fbpx

Bidang Pembinaan Kader PP KAMMI Menyelenggarakan DM II Internasional Khusus Kader di Luar Negeri

Bidang Pembinaan Kader PP KAMMI Menyelenggarakan DM II Internasional Khusus Kader di Luar Negeri

Jakarta, KAMMI – Kegiatan Dauroh Marhalah (DM) II Internasional sedang berlangsung sejak tanggal 25 Februari 2021. DM II yang mengusung tema “Memperkokoh Kekuatan Pemuda untuk Indonesia Emas 2045” ini dikhususkan untuk Pengurus Daerah Luar Negeri (PD LN) dan diikuti oleh kader dari Turki, Malaysia, Rusia, dan Libya. Dorongan penyelenggaraan DM II Internasional difokuskan untuk mengembangkan ekspansi kontribusi kader KAMMI di luar Negeri serta regenerasi kepemimpinan.

Ketua BPK PP KAMMI, Rijal Muharram, menjelaskan bahwa kegiatan DM II Internasional dianalogikan sebagai ‘puncak gunung es’. Meskipun penyelenggaraan DM II dilaksanakan selama 4 (empat) hari, namun tahapan sejak dari konsolidasi, persiapan, seleksi peserta, sampai kepada pelaksanaan sudah jauh-jauh hari, bahkan sejak bulan Oktober tahun 2020.

“Secara khusus saya ucapkan terima kasih untuk seluruh tim bina kader pusat (red: BPK PP KAMMI) maupun para instruktur yang sudah ‘mewakafkan’ waktu maupun pikirannya. Selain itu dukungan berbagai pihak, baik pimpinan PD LN yang mengarahkan kadernya untuk mengikuti kegiatan ini dan Bidang HLN PP KAMMI yang proaktif untuk mengomunikasikan kader di luar negeri.  Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami semua untuk meluaskan manfaat pengkaderan, baik dalam negeri maupun luar negeri.” ucap Rijal.

Saat pembukaan kegiatan DM II Internasional, pjs Ketua Umum, Susanto Triyogo, menitipkan pesannya kepada seluruh panitia dan peserta untuk senantiasa menjaga keistiqomahan dan semangat dalam menghadirkan peran.

“Kegiatan DM II Internasional adalah momentum untuk meningkatkan peran dan kontribusi. Sebagaimana spirit jayakan Indonesia, KAMMI perlu hadir sebagai bagian dari solusi. Selamat kepada seluruh panitia dan peserta atas terselenggaranya DM II Internasional.” Ucap Susanto.

Susanto juga berharap ke depan, PD LN dapat semakin produktif untuk menyelenggarakan agenda-agenda pengkaderan secara mandiri.

“Setelah kegiatan DM II Internasional ini, diharapkan ke depan PD LN dapat menyelenggarakan DM II secara mandiri dan agenda-agenda pengkaderan lainnya untuk memperkokoh kontribusi diaspora Indonesia di luar negeri.” sambung Susanto.

Sebagai informasi, saat ini DM II Internasional masih berlangsung sampai dengan tanggal 28 Februari 2021. Kegiatan DM II dilaksanakan secara daring dengan pendampingan dauroh berbasis heutagogy. Sebagai informasi, kegiatan ini didampingi langsung oleh BPK PP KAMMI. Bertindak sebagai Master of Trainer (MOT) DM II Internasional adalah Andika dan asisten MOT, Juniadin. Selanjutnya pengelolaan administrasi selama proses dauroh dikelola oleh Esi Luthfiana. Adapun yang bertindak sebagai Master of Classroom (MCR) adalah: M. Fahmi Arif Yusuf, Faisal, dan Rivaldi Marcelino. Instruktur yang terlibat yakni: Susanto Triyogo, Rijal Muharram, Rakhmat A.K, Juniadin, dan Ermawati.

Peserta didampingi secara intens oleh Ustadz/ustadzah Dauroh yakni: M. Rizky Ramadhan, Kholid A., Tazkiyatun Nufus, dan Ermawati. Selain pendampingan peserta, kegiatan pun diobservasi untuk tetap berada pada standar yang ditentukan oleh: Rando, Rafika, Miranti Simastika, dan Sholah Syamil. Susunan perangkat dauroh tersebut didasarkan pada SK yang dikeluarkan dengan nomor 27/SK/DI-BPK/KAMMI/II/2021 yang ditanda-tangani oleh Juniadin (Ketua Departemen Instruktur Pusat), Rijal Muharram (Ketua BPK PP KAMMI), dan Susanto Triyogo (pjs Ketua PP KAMMI).

Leave a Reply

Close Menu